iSports.id – Menurut kepala kru Alberto Giribuola juara MotoGP dua kali Enea Bastianini sangat mirip dengan runner-up tiga kali Andrea Dovizioso dalam cara dia mengendarai Ducati.
Bastianini mengawali musim keduanya dengan gemilang di MotoGP, mengamankan kemenangan perdananya di Qatar bulan lalu dan kembali ke puncak klasemen akhir pekan lalu setelah mengklaim kemenangan di Grand Prix Amerika.
Pembalap yang menggunakan Ducati spek 2021, telah bekerja dengan mantan kepala kru Dovizioso Giribuola sejak debutnya di MotoGP.
Giribuola mengatakan kedua pebalap memiliki cara yang sama dalam mengendarai Ducati, tetapi Bastianini yakin memiliki pemahaman yang lebih baik tentang batas ban belakang.
“Saya pikir mereka sangat mirip karena gaya berkendara mereka banyak pada pengereman dan penggunaan ban depan pada batasnya,” kata Giribuola.
“Juga lebih mudah bagi saya untuk memahami apa yang harus saya lakukan di atas motor karena saya memiliki sejarah,” sambungnya.
“Enea selalu berada di batas ban belakang, terkadang Dovi sedikit lebih agresif,” ujar Alberto.
Giribuola juga mencatat bahwa Bastianini lebih bereaksi pada perasaan dengan motornya, sedangkan Dovizioso bisa melebih-lebihkan apa yang terjadi dengan Ducati-nya.
“Saya pikir Enea meningkat pesat sejak awal tahun ini,” tambahnya. “Dia banyak bekerja pada dirinya sendiri, menjaga ketenangan dan menganalisis situasi dan pengaturan yang kami coba.
“Jadi, dia membuat langkah dan itu sangat bagus.
“Andrea lebih analitis. Terkadang dia terlalu banyak berpikir, tetapi memikirkan semua aspek.
Dibandingkan dengan pebalap Ducati yang menggunakan motor spek 2022, Bastianini saat ini unggul 30 poin dari GP22 terdekat Jack Miller di urutan ketujuh dalam klasemen.
Ketika ditanya bagaimana data Bastianini dibandingkan dengan pebalap pabrikan Ducati, Giribuola menjelaskan: “Sejujurnya, saya pikir Enea sangat percaya diri dengan menggunakan ban depan secara maksimal.
“Jadi, saat ini dia bisa mendapatkan banyak keuntungan saat memasuki tikungan. Jadi, melakukan itu dia bisa menyelamatkan ban yang keluar dari tikungan,” sambung Giribuola.
“Jadi perbedaannya adalah masalah itu. Saya tidak berpikir bahwa untuk saat ini kami berada dalam paket yang lebih rendah sehubungan dengan motorGP 2022,” tutupnya.
Sumber: Berbagai Sumber
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi isports.id.