Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Olahraga

Daftar Negara yang Berhasil Lolos ke Sudirman Cup 2023

Piala Sudirman
Piala Sudirman (Foto: BWF)

iSports.id – Sudirman Cup atau Piala Sudirman kembali bergulir di tahun 2023. Kejuaraan yang berlangsung selama dua tahun sekali ini merupakan kejuaraan bulutangkis internasional pada nomor beregu campuran. Dengan mempertandingkan lima sektor, diantaranya tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Dalam sejarah penyelenggaraan Piala Sudirman, Indonesia hanya berhasil meraih gelar sekali di saat pertama kali Piala Sudirman digelar. Saat itu, Piala Sudirman pertama kali berlangsung di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta pada 24-29 Mei 1989. Indonesia berhasil keluar menjadi juara setelah mengalahkan Korea Selatan. Setelah kemenangan tersebut, Indonesia belum pernah berhasil membawa pulang Piala Sudirman.

Kejuaraan Piala Sudirman akan berlangsung pada 14-21 Mei 2023 mendatang. Rencananya, kejuaraan ini bertempat di Kota Suzhou, China. Ini merupakan kali pertama semenjak pandemi China kembali menjadi tuan rumah penyelenggaraan kejuaraan bulutangkis internasional.

Daftar 16 Negara yang Lolos ke Sudirman Cup 2023

Selama bulan Februari kemarin, masing-masing benua mengadakan turnamen Continental Team Championship untuk menentukan negara yang akan bermain di Sudirman Cup 2023. Setelah itu akan ditentukan dengan total sebanyak 16 negara yang akan bertanding. Dengan pembagian empat negara masing-masing di dalam empat grup berbeda.

Indonesia sendiri memastikan diri lolos ke Sudirman Cup dengan kualifikasi peringkat. Hal ini setelah Indonesia menerima kekalahan pada babak perempat final Badminton Asia Mixed Team Championship 2023 kemarin. Selain lolos dengan kualifikasi peringkat, Indonesia juga merupakan negara unggulan ketiga. Berada di bawah China dan Jepang yang merupakan unggulan pertama dan kedua. Dan di atas Malaysia yang menjadi unggulan keempat.

Berikut adalah daftar 16 negara yang lolos ke Sudirman Cup 2023:

  1. China (tuan rumah dan juara bertahan)
  2. Jepang (kualifikasi Benua Asia)
  3. Indonesia (kualifikasi peringkat)
  4. Malaysia (kualifikasi peringkat)
  5. Thailand (kualifikasi Benua Asia)
  6. Korea Selatan (kualifikasi Benua Asia)
  7. Denmark (kualifikasi Benua Eropa)
  8. China Taipei (kualifikasi peringkat)
  9. India (kualifikasi Benua Asia)
  10. Singapura (kualifikasi peringkat)
  11. Jerman (kualifikasi Benua Eropa)
  12. Perancis (kualifikasi Benua Eropa)
  13. Kanada (kualifikasi Benua Amerika)
  14. Inggris (kualifikasi Benua Eropa)
  15. Mesir (kualifikasi Benua Afrika)
  16. Australia (kualifikasi Negara Bagian Oceania)

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi isports.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Berita Olahraga

iSports.id – Pada turnamen Kejuaraan Asia Beregu Campuran atau Badminton Asia Mixed Team Championship 2023, tim Indonesia harus kalah di babak perempat final. Tim yang...

Badminton

Indonesia belum memutuskan pemain tunggal putri yang akan akan dipasang saat menghadapi partai perdana di Piala Sudirman 2017, menghadapi India. Tunggal putri Indonesia kemungkinan...

Badminton

Tim bulutangkis India sudah siap tampil di ajang Piala Sudirman yang akan di selenggarakan di Gold Coast, Australia, pada 21 hingga 28 Mei 2017...