Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Olahraga

Perang Pelatih Top Dunia di Piala Asia 2024

pelatih top di Piala Asia
Para pelatih top di Piala Asia | Bolasports

Last updated on 26 Januari, 2024

Isports.id – Jelang perhelatan Piala Asia 2024 yang akan mulai bergulir pada 12 Januari nanti terdapat sejumlah fakta menarik. Salah satunya adalah pertarungan sengit antara pelatih top dunia yang memiliki prestasi cukup mentereng.

Uniknya satu dari deretan pelatih tersebut terdapat sosok yang saat ini menukangi timnas Indonesia yakni Shin Tae Yong. Kejuaraan yang sudah bergulir 18 kali ini akan terhuni 24 timnas sebagai peserta yang terbagi menjadi 6 grup.

Tim-tim seperti Jepang dan Korea Selatan tetap menjadi favorit untuk menjuarai turnamen terbesar se-Asia ini. Namun tidak jarang dari beberapa tim untuk menggunakan pelatih yang memiliki pengalaman dan prestasi.

Berikut 5 pelatih top dunia di Piala Asia 2024

1. Roberto Mancini

Nama pertama yang hadir dalam perhelatan ini adalah Roberto Mancini. Mantan pelatih timnas Italia pada Piala Eropa sekaligus meraih juara ini terbilang memiliki segudang prestasi dan pengalaman.

Bahkan sebelum menangani timnas Arab Saudi saat ini, Ia memiliki sejumlah pengalaman menterang ketika melatih klub. Sebut saja Manchester City dan Inter Milan pernah ia besut dengan beberapa prestasi.

Adapun kedatangannya dalam timnas Arab Saudi adalah membawa gelar juara untuk pertama kalinya sejak beberapa tahun puasa gelar (1996). Pria asal Italia ini baru saja dikontrak pada 27 Agustus 2023 dengan harapan dapat meningkatkan prestasi dari level Asia hingga dunia.

Baca juga: Sumardji Pastikan Kesiapan Ernando pada Piala Asia 2024

2. Jurgen Klinsmann

Kemudian nama pelatih top lainnya adalah Jurgen Klinsman yang akan menangani timnas Korea Selatan. Namanya sudah tidak dapat diragukan lagi sebab perjalanan karir kepelatihannya.

Klinsman pun pernah menangani beberapa klub raksasa Jerman salah satunya adalah Bayern Munchen.

Sebelumnya Ia pun pernah membawa Timnas Amerika Serikat meraih gelar juara CONCACAF Gold Cup 2013, sebelum melatih timnas Jerman. Kini bersama raksasa Asia, bertekad untuk meraih juara Asia dan berprestasi di kancah Piala Dunia 2026.

3. Paulo Bento

Pria asal Portugal ini tak asing dengan negara Asia sebab beberapa bulan lalu Paulo Bento melatih timnas Korea Selatan pada Piala Dunia 2022. Meski tidak ada prestasi yang berarti selain juara EAFF, Ia mampu mengejutkan dunia dengan mengandaskan Portugal pada Piala Dunia.

Kini Ia menangani timnas Uni Emirat Arab dan bertekad untuk menjadi kampiun pada turnamen kali ini.

4. Shin Tae Yong

Selanjutnya ada pelatih yang sudah tidak asing bagi pendukung timnas Indonesia yakni Shin Tae Yong. Pelatih asal Korea Selatan ini mulai melatih pada tahun 2019 yang sebenarnya terproyeksikan untuk piala dunia U20 2023.

Namun karena peniadaan turnamen di Indonesia karena FIFA mencabut hak sebagai tuan rumah. Namun kini Ia melatih Timnas senior dan U23. Bahkan Ia sukses mengantar timnas dalam 3 kategori masuk ke Piala Asia yakni senior, U20, U23.

Momen yang tidak dapat terlupakan oleh seluruh dunia adalah kala ia masih menangani timnas Korsel di Piala Dunia 2022. Kala itu Son Heung Min dkk sukses mengandaskan Jerman dengan skor 2-0.

Baca juga: Target Shin Tae Yong di Piala Asia 2024

5. Hector Cuper

Hector Raul Cuper yang menangani timnas Suriah sejak 2023. Ia memiliki rekam jejak cukup mentereng kala melatih timnas. Hector pun sempat menangani klub top seperti Inter Milan.

Pasalnya Hector sempat membawa timnas Mesir sebagai Runner up Piala Afrika 2017. Bahkan Ia mendapatkan predikat sebagai pelatih terbaik Afrika.

 

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi isports.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Berita Olahraga

iSports.id – Setelah mengantarkan timnas senior masuk 16 besar Piala Asia, kini Shin Tae yong ingin bawa timnas Indonesia U23 masuk 5 besar. Pelatih...

Sepak Bola

iSports.id – Dalam sebuah platform media sosial, PSSI akan tunjuk Hansi Flick untuk menggantikan sosok pelatih kepala timnas Indonesia Shin Tae-yong. Meskipun, belum ada...

Sepak Bola

iSports.id – Shin Tae Yong puji penampilan anak asuhnya yang bermain sangat baik ketika menjamu Australia dalam lanjutan Piala Asia 2023. Pada pertandingan babak...

Berita Olahraga

iSports.id – Tim Garuda Indonesia terpaksa mengalami kekalahan yang cukup telak dengan skor di akhir babak kedua 5-0 pada laga uji coba menghadapi timnas...