Connect with us

Hi, what are you looking for?

Olimpik

Tiga Atlet Judo Indonesia Sumbang Medali Emas dan Perak

Tiga atlet judo asal Indonesia, berhasil memenangkan medali emas dan perak di SEA Games ke-29 di KLCC, Kuala Lumpur.

Malaysia, isports.idJuara pertama yang diraih oleh dua atlet judo Indonesia, Muhammad Syaiful Raharjo dan Iksan Apriadi, membuat lagu kebangsaan “Indonesia Raya” berkumandang di SEA Games ke-29 yang berlangsung di arena KLCC, Kuala Lumpur.

Syaiful mengalahkan atlet asal Malaysia Wei Fu Chong untuk memenangi kategori pria di bawah 66 kg, sementara Iksan mengalahkan atlet asal Vietnam Tan Cong Nguyen di kategori di bawah 73 kg.

Baik Iksan maupun Syaiful mengakui bahwa ini adalah kompetisi yang sulit.

“Saya menghabiskan malam hari hanya menonton video rekaman lawan-lawan saya. Saya mempelajari langkahnya dan mencari kelemahannya,” kata Syaiful seperti dikutip tribbunnews (28/8/2017).

Namun, Syaiful juga mengatakan lawan terberatnya adalah lawan pertama dalam kompetisi tersebut, atlet kelahiran Jepang Shuken Nagano.

“Shuken hampir mematahkan lengan saya, tapi sayabertahan,” katanya. “Saya melihat celah sebelum membuat beberapa perubahan posisi. Usaha saya berhasil dan jelas itu sangat menyenangkan.”

Iksan juga menyadari bahwa lawannya lebih hebat dari dia dan dia harus menemukan cara untuk mengalahkannya dengan menggunakan beberapa trik.

“Sangat sulit, dalam pertandingan terakhir, jelas menentukan dan saya harus membuat strategi di waktu singkat,” kata Iksan. “Kerja keras pun terbayar, ini benar-benar menjadi hadiah untuk Indonesia.”

Di sisi lain, atlet judo senior, Horas Manurung mendapatkan medali perak setelah dikalahkan oleh Masayuki Terada dari Thailand dalam pertandingan final kategori 81 kg putra SEA Games di Kuala Lumpur Convention Center (KLCC).

“Beberapa menit sebelum dapatkan medali emas, saya mencoba memanfaatkan teknik lawan saya,” kata Horas usai pertandingan. “Namun, saya gagal melakukannya, saya bertujuan untuk medali emas tapi Tuhan tidak mengizinkannya.

“Tapi tetap punya semangat untuk peluang selanjutnya, untuk memenangkan emas di masa depan, atau Sea Games selanjutnya.”

Horas meraih medali emas di SEA Games 2015 di Singapura, berkompetisi di kelas 90 kg. Tahun ini, Sea Games tidak menggelar kategori 90 kg.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi isports.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Badminton

Isports.id – Indonesia Raya kembali berkumandang pada babak final usai tim bulutangkis beregu putra Indonesia meraih emas dalam SEA Games 2023. Laga mempertemukan Timnas...

Esports

iSports.id – Atlet Indonesia berhasil meraih prestasi luar biasa dalam cabang olahraga Esports SEA Games ke-31 di Vietnam, tepatnya di Hanoi. Mereka adalah atlet...

Esports

iSports.id – Pertandingan Esports paling bergengsi se-Asia akan segera berlangsung pada pekan ini. Tepatnya pada Jumat (13/5) dengan tajuk Southeast Asian Games (SEA Games)...

Olimpik

iSports.id – Cabang olahraga angkat besi atau biasa disebut lifting merupakan jenis olahraga yang menggambarkan keperkasaan menjadi kebanggaan kaum adam. Namun, Windy Cantika Aisah menepis...