Connect with us

Hi, what are you looking for?

F1

Fakta dan Data Raihan Gelar Juara Dunia Max Verstappen Pada Ajang F1 Musim 2021

Fakta dan Data Raihan Gelar Juara Dunia Max Verstappen Pada Ajang F1 Musim 2021

Abu Dhabi, Isports.id – F1 musim 2021 resmi berakhir hari Minggu kemarin (12/12/2021) di GP Abu Dhabi. Pada balapan yang berlangsung penuh drama tersebut, Max Verstappen yang membela tim Red Bull Racing akhirnya keluar sebagai juara dunia.  Max Verstappen berhasil menyalip Lewis Hamilton di lap terakhir yang akhirnya berhasil mengantarkan meraih gelar juara dunia pertamanya.

Musim F1 tahun 2021 ini bisa dibilang merupakan salah satu musim paling ketat dan paling menegangkan dalam sejarah ajang balap bergengsi tersebut. Mulai dari drama di lintasan, bahkan drama antara Mercedes dan Red Bull yang menjadi bumbu selama musim ini yang membuat ajang F1 kembali meraih atensi yang besar dari para penggemar.

Sejumlah data dan fakta menarik mewarnai perjalanan F1 musim 2021 ini yang mengantarkan Max Verstappen meraih gelar juara dunia pertamanya. Berikut merupakan ulasannya dari berbagai sumber.

1. Pembalap Belanda Pertama yang Berhasil Meraih Juara Dunia F1

Meskipun termasuk salah satu negara maju di dunia, Belanda tidak dikenal sebagai penghasil atlet balap yang berkualitas. Semua berubah ketika Max Verstappen masuk ke ajang F1 pada tahun 2015. Penampilannya yang konsisten bersama Toro Rosso membawanya ke tim utama Red Bull setahun kemudian.

Hasilnya selama 6 tahun membela tim “Banteng Merah” tersebut, ia menjelma sebagai salah satu kekuatan baru F1 dan menjadi bintang masa depan ajang balap jet darat ini. Di mana puncaknya di musim 2021 ini ia berhasil meraih mimpinya menjadi gelar juara dunia F1 dan jadi orang Belanda pertama yang melakukannya.

2. Juara Dunia F1 Termuda Keempat

Catatan menarik lainnya dari gelar juara dunia yang diraih Vertsappen adalah usia ketika ia mendapatkan gelar juara dunia. Verstappen sendiri masuk ke urutan 4 pembalap termuda yang berhasil meraih juara dunia F1 pertama. Pada balapan GP Abu Dhabi kemarin, usia Verstappen adalah 24 tahun dan 73 hari.

Pembalap termuda yang meraih juara dunia masih dipegang Sebastian Vettel ditahun 2010 ketika membela Red Bull diusia 23 tahun, 133 hari. Posisi kedua ditempati Lewis Hamilton yang meraih gelar juara dunia pertama di tahun 2008 bersama Mclaren diusia 23 tahun, 300 hari. Posisi ketiga juara dunia termuda ditempati Fernando Alonso yang meraih gelar juara dunia ditahun 2005 bersama Renault diusia 24 tahun, 57 hari.

3. Memutus Dominasi Mercedes-Benz Diera Turbo Hybrid

Semenjak era turbo hybrid diperkenalkan di tahun 2014 silam, Mercedes-Benz bisa dibilang mendominasi ajang balap ini, total 8 gelar konstruktor dan 7 gelar juara dunia pembalap diraih pabrikan Jerman tersebut. Dan rekor tersebut akhirnya dipatahkan di tahun 2021 oleh Max Verstappen dan Red Bull.

Bahkan 6 dari 7 gelar juara dunia yang diraih Lewis Hamilton ia dapatkan saat era Turbo Hybrid ini. Raihan tersebut menandakan bagaimana kuatnya dominasi tim Mercedes-Benz diajang F1 dalam beberapa tahun terakhir

4. Peroleh Poin Sama Menjelang Balapan Terakhir

Dalam beberapa musim, penentuan siapa yang menjadi gelar juara dunia ditentukan di balapan terakhir. Tetapi yang menarik untuk tahun ini menjelang balapan GP Abu Dhabi kemarin, perolehan poin antara Max Verstappen dan Lewis Hamilton sama persis di 369,5 poin.

Ini merupakan kali kedua di mana menjelang balapan terakhir, terdapat 2 pembalap yang meraih perolehan poin yang sama. Di mana kejadian tersebut sebelumnya pernah terjadi ditahun 1972 yang melibatkan pembalap Mclaren Emerson Fittipaldi dan pembalap Ferrari Clay Regazzoni meraih poin yang sama menjelang balapan terakhir musim tersebut.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi isports.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

F1

Abu Dhabi, Isports.id – Max Verstappen baru saja meraih gelar juara F1 pertamanya pada balapan GP Abu Dhabi akhir pekan kemarin. Hasil ini membuat...

F1

Jeddah, ISports.id – Balapan perdana F1 GP Arab Saudi yang berlangsung Minggu malam (6/12/2021) waktu setempat atau Senin diri hari WIB, menghadirkan drama yang...

F1

iSport.id – Akhir pekan ini, ajang balap F1 akan melangsungkan seri ke 20 dari 22 seri balapan untuk musim kompetisi 2021. Venue kali ini...

F1

Lewis Hamilton tidak bisa menyembunyikan kekecewaannya setelah manuver yang di lakukan Max Verstappen membuat keduanya bersenggolan pada balapan Formula 1 GP Bahrain. Jakarta, iSports.id...