Connect with us

Hi, what are you looking for?

Sepak Bola

FIFA Bekukan Federasi Sepakbola di India, Piala Dunia U-17 Wanita Batal?

FIFA
logo Federasi Sepakbola India | foto: berbagai sumber

iSports.id – Secara resmi, FIFA telah membekukan Federasi Sepak Bola India atau All Indian Football Federation (AIFF) terkait hak administratifnya. Pembekuan tersebut jatuh tepat pada hari Selasa (16/8).

Hal ini merupakan langkah tegas yang diberlakukan oleh FIFA sebagai hukuman atas organisasi persepakbolaan di India tersebut. Ini merupakan buntut dari intervensi atau keterlibatan pihak ketiga pada proses pemilihan ketua umum AIFF.

Karena hal tersebut, FIFA menilai organisasi sepakbola di India telah melakukan pelanggaran yang berat terhadap statuta. Di awal bulan kemarin, mereka telah mendapatkan peringatan, bahwa jika terdapat pihak ketiga, maka AIFF terancam mereka bekukan seperti beberapa negara.

Baca juga: Hasil India Open 2022: Ahsan dan Hendra Gagal Menjadi Juara, Tuan Rumah Sabet 2 Gelar

Adanya Pihak Ketiga Dalam Federasi Sepakbola India Membuat FIFA Geram

Peringatan dari FIFA tersebut hadir setelah Mahkamah Agung yang ada di India memohon kepada Komite Eksekutif AIFF untuk mengadakan pemilihan sesuai jadwal. Rencananya, mereka akan mengadakan pemilihan pada 28 Agustus dan voting pada tanggal 13 Agustus. Di mana jadwal tersebut merupakan rancangan dari Komite Administrator (CoA).

Atas intervensi dari CoA tersebut, Federasi Sepakbola India dinilai telah melanggar Statuta. Dengan sanksi yang kini mereka terima, maka hak untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 Putri di India terpaksa batal. Padahal, gelaran Internasional tersebut sudah hampir terlaksana, yakni bulan Oktober mendatang.

Informasi tersebut terdapat dalam pengumuman resmi oleh Federasi Sepakbola Dunia dalam situs mereka.

“Federasi Sepakbola Dunia, dengan ini telah sepakat untuk membekukan Federasi Sepak Bola India (AIFF) karena telah melibatkan pihak ketiga. Di mana hal tersebut merupakan pelanggaran berat terhadap Statuta FIFA.” Berikut penjelasannya kurang lebih.

Baca juga: Jelang Final India Open 2022: Ahsan Dan Hendra Melaju Kebabak Final

“Pembekuan ini akan berakhir setelah pemerintah mencabut hak pihak ketiga, yakni Komite Administrator atas kekuasaan Komite Eksekutif AIFF. Dan Komite AIFF telah mendapatkan kekuasaannya kembali atas ‘rumah tangga’ persepakbolaan yang ada di India. Pembekuan ini sekaligus memberi kabar buruk bagi Piala Dunia U-17 wanita, di mana acara tersebut tidak akan berjalan seperti rencana.”

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi isports.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Berita Olahraga

iSports.id – Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) pada Rabu, 21 September 2022, mengatakan keluarga pekerja migran di Qatar yang terluka atau tewas saat membangun...

Sepak Bola

iSports.id – Sejak Juni lalu, pemain Borussia Dortmund berkebangsaan Pantai Gading, Sebastien Haller menderita penyakit kanker testis. Di mana penyakit tersebut membuat ia tidak...

Berita Olahraga

iSports.id – Asosiasi sepak bola India telah meminta badan pengatur sepakbola dunia FIFA untuk mencabut penangguhan yang dikenakan padanya setelah mandat komite yang ditunjuk...

Esports

iSports.id – Pertandingan Esports paling bergengsi se-Asia akan segera berlangsung pada pekan ini. Tepatnya pada Jumat (13/5) dengan tajuk Southeast Asian Games (SEA Games)...